Selasa, 08 Agustus 2017

Diabetes Dan Komplikasinya Yang Kronis Patut Untuk Diwaspadai

Diabetes dan komplikasinya yang dapat timbul akibat pengaruh penurunan kesehatan yang dialami dapat berakibat fatal. Penyakit diabetes pada dasarnya merupakan penyakit yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Tanah Air sebagai. Diabetes merupakan jenis penyakit pembunuh nomor tiga terbesar di Indonesia. Dengan kondisi tubuh yang memiliki kadar gula tinggi, penyakit diabetes yang menyerang kesehatan dari penderita tersebut, dapat mengganggu fungsi kerja dari berbagai organ yang ada di dalam tubuh.
Tidak hanya itu, penyakit gula darah diabetes juga dapat menghambat sistem peredaran darah akibat terlalu banyaknya kandungan gula di dalam pembuluh darah. Sehingga dengan demikian, penderita diabetes akan mengalami kesulitan akan regenerasi tubuh pada saat mendapatkan luka. Kadar gula yang terlalu tinggi akan menghambat proses penutupan luka yang biasanya dapat dilakukan dengan mengerasnya cairan darah pada saat keluar dari tubuh. Dengan adanya luka yang tidak kunjung kering, maka proses regenerasi akan terhambat, sehingga dalam hal ini luka yang tidak segera sembuh tersebut dapat mengakibatkan infeksi parah.

Komplikasi diabetes
Pada seorang penderita penyakit diabetes biasanya akan sering mengalami luka pada bagian kaki. Hal ini dikarenakan darah yang menuju pada kaki terhambat oleh adanya kandungan gula yang terlalu banyak di dalamnya. Sehingga bagian tubuh tersebut akan menjadi rentan terhadap segala bentuk luka yang dapat terjadi. Dengan resiko terhadap tingkat infeksi yang tinggi, penyakit diabetes juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit kronis lain untuk diderita. 

Komplikasi Kronis Diabetes Yang Patut Diwaspadai

Beberapa komplikasi kronis yang dapat diakibatkan oleh penyakit diabetes diantaranya adalah sebagai berikut ini :
    1. Kerusakan saraf dan pembuluh darah.Kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh dapat mengakibatkan keruskan terhadap saraf dan pembuluh darah. Dengan diawali rasa nyeri dan kesemutan pada ujung kaki dan tangan, kerusakan pada saraf dan pembuluh darah tersebut akan mengakibatkan terganggunya kondisi kesehatan anda. kerusakan saraf merupakan suatu kondisi yang berbahaya dengan resiko timbulnya komplikasi terhadap penyakit kronis lainnya.Selain itu kerusakan pada saraf dan pembuluh darah dapat mengakibatkan berbagai gejala lain seperti mual yang dipicu oleh rusaknya jaringan saraf pada sistem pencernaan tubuh. Berbagai hal seperti muntah, diare, dan konstipasi juga dapat diderita akibat rusaknya jaringan saraf di dalam tubuh. Selain itu, kerusakan saraf merupakan faktor utama dari timbulnya penyakit stroke sebagai komplikasi diabetes. 
    2. Penyakit stroke dan gangguan tekanan darah.  
      Salah satu dari komplikasi penyakit diabetes yang dapat terjadi kepada seorang penderita adalah penyakit stroke. Hal ini dikarenakan pada awal terjangkitnya penyakit diabetes tersebut menyerang aliran darah dengan kondisi jumlah kadar gula yang terlalu tinggi. Dengan adanya kadar gula yang menghambat aliran darah di dalam tubuh, seorang penderita diabetes dapat terkena gangguan kesehatan tekanan darah rendah, maupun darah tinggi. Sehingga tekanan darah yang menuju ke seluruh jaringan tubuh beserta organ yang membutuhkan seperti otak menjadi terganggu. Penyakit stroke merupakan gangguan kesehatan yang menyerang fungsi otak akibat pasokan darah yang kurang. Otak sebagai organ penting yang mengatur seluruh kerja dari jaringan tubuh seseorang, membutuhkan pasokan gizi dan oksigen yang ada di dalam darah. Bila aliran darah terhambat atau terhenti, maka dapat mengakibatkan timbulnya penyakit stroke untuk diderita. Dengan adanya aliran darah yang menuju pada otak terhambat, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sebagian sel otak dan melumpuhkan syaraf pada tubuh penderita penyakit diabetes sebagai salah satu komplikasi yang dapat dialami.
    3. Komplikasi sakit ginjal.Penyakit diabetes yang diderita dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan yang merusak organ ginjal di dalam tubuh. Ginjal merupakan salah satu dari organ yang sangat penting dengan tugasnya sebagai penyaring racun dan limbah tubuh. Selain itu, organ ginjal dapat menghasilkan senyawa penting yang membantu proses keseimbangan darah di dalam tubuh anda. sehingga bila organ tersebut mengalami kerusakan, maka akan sangat berbahaya bagi kelangsungan kesehatan tubuh. Organ ginjal memiliki fungsi utama sebagai penyaring sel darah merah yang mengalir ke seluruh tubuh. Dengan adanya ginjal, kondisi darah dapat terjaga dengan baik dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan pasokan nutrisi, oksigen, dan berbagai gizi yang diperlukan. Oleh karena itu, penyakit diabetes yang diderita dengan pengaruhnya terhadap kondisi kandungan kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan organ ginjal bekerja terlalu keras dan mengalami kerusakan

    Alangkah baiknya bila kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita sejak dini, dan kenali dengan baik cara mencegah dan mengobati diabetes serta komplikasinya dengan tip tip sederhana yang dapat kita lakukan kapanpun.

    Maka untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam tindakan waspada terhadap penyakit diabetes dan komplikasinya.

    Next
    This Is The Current Newest Page


    EmoticonEmoticon